Review Printer Brother HL-2140

Wednesday, August 08, 2012


Brother HL-2140 merupakan printer laser monochrome terkecil dari sekian banyak jajaran printer Brother yang beredar di Indonesia. Meskipun kecil, tapi masih terasa lebih berat dan terlihat lebih besar dari pada printer laser berukuran kecil dari produsen printer  lain yang beredar di Indonesia. Produk yang pernah menjadi salah satu best seller printer laser di online shop amazon.com di USA pada bulan maret ini memiliki berat 5,8 kg dengan menerapkan teknologi elektrophotographic dalam proses pencetakan dokumennya. Printer laser Brother ini memiliki dimensi fisik 368 x 361 x 170,5 mm. Dengan desain yang terlihat simple dan compact namun tetap stylish dengan paduan warna light grey dan dark slate serta tombol power di bagian atas printer.

Terdapat 4 lampu LED di dekat tombol power sebagai penunjuk atau indicator toner, drum, go, dan eror. Printer laser Brother HL-2140 memiliki tempat kertas yang mampu menampung 250 lembar kertas. Fitur pencetakan dua sisi kertas sekaligus (manual duplex) tidak lupa dibenamkan dalam printer laser ini dengan software yang ada. Salah satu perbedaan printer laser Brother dengan printer laser lainnya adalah pada cartridge tonernya dan drum unit yang terpisah letaknya dan dijual nya pun terpisah. Cukup unik karena seri ini ini termasuk dalam printer laser monochrome (black) di kelas entry level. Printer ini menggunakan cartridge TN-2130 dan Drum DR-2125 dengan standar page yields tonernya mencapai 1500 halaman sedangkan drum unitnya mampu bertahan hingga 12.000 halaman.

Hasil cetakannya pun cukup tajam dan bersih dengan resolusi mencapai 2400 x 600 dpi. Printer yang dibandrol di bawah sejuta rupiah ini memiliki kecepatan mencetak mencapai 22 ppm (page per minute). Printer ini cocok digunakan untuk konsumen rumahan atau penggunaan personal karena ukurannnya yang terlihat praktis, dan tidak memakan ruang. Serta cocok bagi mereka yang ingin mencoba menggunakan printer laser. Printer ini juga cocok digunakan oleh UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam mencetak dokumen-dokumen yang dibutuhkan yang hanya membutuhkan warna hitam dan putih. Tidak hanya itu, bagi perusahaan maupun institusi pemerintah yang membutuhkan printer yang mudah dibawa bepergian untuk kebutuhan tugas para karyawannya dalam perjalanan dinas maupun tugas keluar kota, printer laser yang kecil dan powerfull ini juga cocok digunakan. Meski tergolong cukup berat, printer ini masih yang kecil ukurannya di jajaran printer laser di kelasnya. 

Tulisanku untuk Orimax Indonesia

You Might Also Like

0 comments